Jumat, 25 April 2008

pondok pesantrenku, Al-Muhajirin

Di sebuah pondok pesantren yang terletak di kota Purwakarta, Jawa Barat, jejen mulai menjalani kehidupan sendiri tanpa orang tua. dari sini jejen mulai membiasakan diri untuk hidup mandiri dan tidak tergantung dari orang tua, yah mungkin ga lepas segalanya cuma aku mulai mengurus kebutuhan dan pengeluaran sendiri. di sinilah aku merubah hidupku. terima kasih jejen ucapkan kepada semua orang yang membantu jejen ketika jejen berada di pondok pesantren.
PondokPesantren Al-Muhajirin, yah itulah nama resmi pesantren jejen. letaknya di jalan Veteran no 155 Purwakarta (pesantren kota Githu). pesantren ini didirikan pada tahun 1993 oleh para tokoh pada waktu itu. tapi sebelumnya namanya adalah yayasan al-wathon. tapi kemudian diganti menjadi pponpes Al-Muhajirin. pimpinan pondok ini bernama KH.Abun Bunyamin.
pertama kali jejen masuk ke pondok ini, yaitu pada tahun 2004, jejen sebenarnya terpaksa. jejen dipaksa sama ibu dan bapak, "kamu harus mesantren pokoknya! kalau ga mau pesantren, ga usah sekolah, lebih baik ngangon domba", itulah kata bapak jejen ketika jejen menolak masuk pesantren dan ngotot pingin sekolah di SMA Negri. yah karena jejen diancam begitu, jejen mau tidak mau harus nurut, dari pada jejen ngangon domba. lagian jejen juga nggak sendirian, jejen mesantren sama ade dan ketiga teman jejen yang lain (ade jejen nemanya iskandar, teman jejen namanya ika, diding dan yusuf) sehingga jejen nggak bakalan kesepian karena jejen udah punya teman akrab. jejen inget waktu jejen mau berangkat ke pesantren untuk pertama kali. seluruh keluarga jejen mulai dari nenek sampai keponakan datang ke rumah untuk melepas jejen dan yang lain pergi (wah ternyata jejen kren juga waktu itu). bahkan nenek (almarhumah) jejen mah sampe nangis-nangis, jejen ingat kata si nenek waktu itu " euh jang sing bener nya diajarna, sing bisa jadi jalma anu pinter anu manfaat. tong kos emak jeung mbah anu bodo. teu bisa ngaji. teu bisa naon-naon. engkin kan upami ujang pinter ngajina tiasa ngadu'akeun ka emak sareng embah upami tos maot tea mah". ya Allah mugi Gusti kersa ngahampura ka kulawargi jejen. sareng mugi Gusti kersa ngababarikeun aranjeuna engkin di yaumil akhir, amiin. jejen waktu itu merasa gimana meureun. jejen merasa astaghfirullah, jejen bener-bener mau nangis pokoknya, tapi jejen ga boleh nangis soalna jejen malu karena banyak orang.

Tidak ada komentar: